Cara Membiasakan Anak Menghafal Al-Quran, Mari Simak Selengkapnya!

Keyword : cara membiasakan anak menghafal alquran dengan metode ini

Ingin tahu bagaimana cara membiasakan anak menghafal Al-Qur’an? Mari simak artikel berikut ini!

Mengetahui cara membiasakan anak menghafal Al-Quran cukup penting agar anak tidak merasa keberatan ketika sedang melakukan hafalan. Terlebih cara yang diterapkan dapat dicoba oleh orang tua maupun guru. 

Untuk mengetahui lebih lanjut beberapa cara yang dapat dilakukan, Anda dapat menyimak artikel berikut ini.

Cara Membiasakan Anak Menghafal Al-Qur’an, Mari Simak Selengkapnya!

Terdapat beberapa cara membiasakan anak menghafal Al-Quran yang dapat dilakukan oleh orang tua, yuk simak selengkapnya!

Membiasakan anak untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an

Membiasakan anak agar mau berinteraksi dengan Al-Qur’an dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya mengajak anak membaca Al-Qur’an bersama orang tua, dan memberikan contoh bahwa orang tua sering membaca atau menghafal Al-Qur’an.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan penjelasan tentang hikmah dari ayat-ayat Al-Qur’an melalui buku cerita islami atau kisah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat mengajak anak memulai hafalan dari surah-surah yang mudah dihapal terlebih dulu. 

Menggunakan flash card untuk membantu menghafal

Agar dapat membantu anak dalam menghafal huruf hijaiyah, Anda dapat memanfaatkan flash card yang berisi huruf hijaiyah berwarna-warni. Jika belum memungkinkan membeli, Anda dapat mencari informasi cara membuat flash card yang dapat dilakukan secara mandiri bersama anak. 

Membiasakan anak mendengar audio tilawah Al-Qur’an

Dalam menambah kebiasaan anak agar mau menghapal Al-Qur’an, Anda dapat mengajaknya mendengarkan audio tilawah Al-Qur’an. Baik melalui Youtube, atau melalui media lainnya seperti hafiz doll

Mengasah keterampilan anak dalam membaca dan menghapal Al-Qur’an

Cara ini dilakukan agar hafalan yang dilakukan dapat terekam dengan baik, selain itu untuk mengecek dimana kesalahan anak dalam menghafal yang masih dilakukan. Tidak perlu menggunakan hukuman yang berat, tetapi Anda dapat memberikan dukungan agar anak tidak takut melanjutkan hafalan. 

Berikan hadiah ketika anak dapat menghafal surah tertentu

Sudah tidak asing lagi jika anak senang diberikan hadiah, terlebih ketika bisa menambah hafalan surah tertentu. Anda dapat melakukan cara ini, agar anak semakin bersemangat menghafal Al-Qur’an. 

Mengingat kembali surah yang dihafalkan sebelum tidur

Mengingat kembali surah yang dihafalkan sebelum tidur, dapat Anda biasakan agar hafalan yang dimiliki anak dapat terekam dengan baik. 

 

Menurut Anda, cara membiasakan anak menghafal Al-Quran yang dijelaskan pada artikel di atas cukup mudah dilakukan bukan? Anda dapat menyesuaikannya dengan kondisi anak, agar mudah untuk diterapkan dalam membantu anak menghafal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!